Breaking News

10 Jan 2019, 22:47:31 WIB, 131 Kali dilihat Administrator, Berita : Berita

Satu pohon memiliki sejuta manfaat bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup. Namun, beberapa tahun belakangan ini, pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang dan dikorbankan yang mengakibatkan putusnya mata rantai kehidupan. Menyadarai hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan Aksi Penanaman Pohon sebagai aksi konkrit dan upaya nyata untuk memulihkan kondisi lingkungan, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-73 tahun 2018, Senin (17/12/2018) di Palembang.

Gerakan penanaman pohon tersebut dilakukan di kawasan Jakabaring Sport City yang diikuti oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Panglima Kodam II Sriwijaya, Kapolda Sumatera Selatan, para Kepala Satuan Kerja Ditjen Cipta Karya Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai VIII Sumatera Selatan, PPK Randal Provinsi Sumatera Selatan serta jajaran OPD di Provinsi Sumatera Selatan.

"Terdapat 1.500 bibit pohon yang ditanam, diantaranya 500 bibit pohon mahoni, 300 bibit pohon ketapang, 300 bibit pohon matoa, dan sisanya bibit pohon jati dan mangga," kataKepala Balai Besar Wilayah Sungai VIII Provinsi Sumatera SelatanĀ  Supriaji.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengungkapkan, penanaman pohon merupakan upaya meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan yang lebih berkualitas. Selain itu, aksi tersebut dapat dijadikan momentum strategis dalam upaya untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan serta sebagai bagian dari upaya konservasi sumber daya air serta upaya dalam pengendalian banjir. (RB-RandalSS/ari)





Komentar
  • Belum ada komentar